Dalam berbisnis, turun naik profit sudah biasa. Pada saat
mengalami kenaikan profit, jelas Anda akan merasa senang sekali. Namun, pada
saat omset mengalami penurunan, Anda harus waspada. Jangan sampai penurunan ini
berlanjut dalam waktu lama dan menjadi penyebab kegagalan bisnis Anda.
Nah, berikut ini cara mengatasi saat omset Anda mengalami
kemerosotan.
1. Mencari Penyebab Sekaligus Solusinya
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari penyebab
omset menjadi merosot. Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab omset menurun,
seperti kualitas produk Anda yang menurun, produk tidak mengikuti tren, atau
bisa jadi kompetitor yang berhasil menciptakan produk lebih baik dari Anda.
Evaluasi satu per satu setiap faktor tersebut dengan jeli.
Dalam hal ini, tidak ada salahnya Anda melakukan diskusi dengan beberapa pihak
yang bertanggung jawab terhadap pengawasan lini-lini tersebut.
Setelah itu, cari solusi yang tepat untuk mengatasinya.
Sebagai contoh, jika memang kualitas produk yang menurun atau sudah tidak sesuai
tren, segera lakukan peningkatan dan perbaikan.
Jika kemerosotan omset dikarena kompetitor, segera buatlah
produk baru yang out the box sehingga bisa menggebrak pasar. Lakukan riset
pasar dan kompetitor untuk mengetahui dari sisi mana Anda bisa menerobos pasar
dan mencuri perhatian konsumen.
2. Mencari Partner Kerja Yang Baik
Anda tidak bisa berjalan sendiri untuk mengatasi
permasalahan bisnis. Carilah partner kerja yang dapat membantu Anda secara
loyal. Partner kerja ini bisa berupa karyawan maupun rekanan bisnis. Jangan
sampai Anda salah dalam memilih partner kerja. Sebab, hal ini justru akan
berakibat fatal pada bisnis Anda.
Anda tidak perlu memilih terlalu banyak partner kerja.
Sedikit namun berkualitas akan lebih baik daripada banyak namun tidak mampu
memberikan kontribusi apa pun terhadap kemajuan bisnis Anda.
Selain itu, carilah rekanan yang mempunyai jumlah konsumen
yang banyak. Dengan begitu, produk Anda pun mempunyai peluang besar untuk
diminari konsumen dan menaikkan omset Anda kembali.
3. Meningkatkan Strategi Promosi
Ujung tombakdari sebuah bisnis adalah promosi. Lakukan
promosi besar-besaran untuk menarik minat konsumen pada produk Anda. Ada banyak
strategi promosi yang bisa Anda terapkan.
Memberikan diskon atau potongan harga adalah salah satunya.
Konsumen mana pun pasti sangat senang dengan hal ini. Program give away
(pemberian hadiah cuma-cuma dengan syarat tertentu), buy 1 get 1, pemberian
cashback, atau program lain yang sejenis bisa menjadi andalan Anda.
Berbagai media promosi pun bisa Anda maksimalkan, seperti
promosi secara langsung, melalui media sosial, email, dan banyak lagi. Dengan
begitu, akan lebih banyak lagi konsumen yang melihat dan tertarik dengan produk
Anda.
Itulah tiga tips yang bisa Anda lakukan. Jika ketiga sudah
dapat Anda kolaborasikan dengan baik, dijamin omset Anda akan kembali
meningkat.
BACA JUGA ARTIKEL KAMI TENTANG CARA BANGKIT DARI BANGKRUT!!!!
Thanks for reading & sharing Bisnis Kecil Sukses